Pengertian TCP/IP Dan Fungsinya
Pengertian TCP/IP Dan Fungsinya

Pengertian TCP/IP Dan Fungsinya

Diposting pada

Kapanaja.id – Pengertian TCP/IP Dan Fungsinya – Pengertian TCP/IP Adalah? Nih Definisi Yang Harus Anda Tahu!. Pengertian TCP/IP adalah kepanjangan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Merupakan gabungan dari peran protokol TCP (Transmission Control Protocol) dengan protokol IP (Internet Protocol). Memiliki fungsi untuk mengatur sebuah komunikasi data dalam proses pertukaran database dari satu komputer ke komputer lainnya pada jaringan internet. Dalam memastikan data bisa sampai kepada alamat yang di tuju. Peran dari protokol tersebut tidak bisa saling berdiri sendiri, karena ini merupakan perkumpulan protokol yang saling bekerjasama (Protocol Suite).

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa, pengertian TCP/IP adalah salah satu protokol yang paling popular dan banyak di gunakan oleh para user. Bahkan, menjadi protokol yang kekinian dan relevan dengan kebutuhan saat ini. Pasalnya, memiliki kinerja yang mampu di terapkan pada lintas software apapun. Bahkan, bisa digunakan pada segala jenis sistem operasi manapun.

Sejarah Pengertian TCP/IP Adalah?

Sejarah pengertian TCP/IP adalah di kembangkan pada sekitar akhir tahun 1970-an hingga awal dekade 1980-an. Awalnya, menjadi sebuah protokol standar yang menghubungkan berbagai komputer dengan jaringan secara lebih luas atau biasa disebut WAN (Wide Area Network). Menjadi sebuah jaringan terbuka dengan memiliki sifat independen pada sistem transport dari jaringan fisik yang di pakai. Sehingga dapat di gunakan secara fleksibel di manapun berada. Sebagai protokol yang memiliki skema sederhana pada alamat IP (IP Address). Sanggup menerima ratusan juta komputer untuk saling terhubung antara satu dengan lainnya di sebuah internet. Bahkan memiliki sifat routable, artinya sanggup menghubungkan berbagai sistem meskipun berbeda untuk membentuk network yang beragam.

Pada era berikutnya, protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mengalami evolusi. Karena, pertimbangan akan semakin banyaknya kebutuhan atas akses jaringan internet. Maka perlu di perluas jangkauannya. Pembaharuan tersebut di lakukan oleh lembaga Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Untuk menjadi protokol yang sesuai dengan era perkembangan zaman. Hingga, sampai saat ini protokol TCP/IP memiliki kapasitas dan performa yang lebih bagus. Bahkan, menjadi protokol yang paling popular dan terbanyak di pakai para pengguna internet untuk saling terhubung.

PENUTUP

Demikianlah artikel dari kami tentang Pengertian TCP/IP Dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda para Pembaca untuk menambah wawasan di bidang network internet. Sehingga, bisa meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam dunia teknologi informasi. Yang mana, sangat dibutuhkan pada era kontemporer industri 4.0 sekarang ini. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih.