Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP Pada Jaringan Internet
Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP Pada Jaringan Internet

Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP Pada Jaringan Internet

Diposting pada

Kapanaja.id – Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP –Tahukah Anda yang di maksud dengan FTP? Merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol, berguna untuk melakukan pertukaran file dalam suatu jaringan komputer supaya mendukung protokol TCP/IP. Terdapat client dan server pada sebuah aplikasi yang saling transfer data. Karena, lebih praktis di bandingkan menggunakan perangkat kabel. Nah, pada sebuah website maka FTP sangat penting di gunakan sebagai remote server. Tujuannya, agar dalam pengelolaan website tidak perlu masuk ke dalam akun hosting atau VPS (Virtual Private Server). Untuk lebih jelasnya, langsung cek di bawah ini terkait fungsi FTP dan cara kerja FTP Guys!.

Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP Yang Wajib Anda Tahu

  1. Fungsi FTP
    FTP atau yang memiliki kepanjangan File Transfer Protocol memiliki fungsi yang sangat penting dalam dunia jaringan komputer atau internet. Pasalnya, berguna untuk transfer serta pertukaran data antara client dan server. Dalam kata lain, membantu user untuk dapat melakukan download maupun upload suatu file. Yakni, melakukan upload pada halaman website ke dalam web server/hosting menuju internet. Berselancar dan mengunduh data dari software berbasis browser. Membelah file berukuran besar menjadi dua partisi sehingga lebih ringan dalam mengirim data. Download dan upload sebuah konten. Terlebih, melakukan distribusi akan revisi terakhir yang dilakukan oleh seorang Developer. Selain itu, juga memudahkan pengguna dalam memindahkan file dari satu platform ke pihak lainnya. Seperti halnya sharing data, menyediakan tempat menyimpan data untuk user, indirect dan implicit remote komputer, transfer data lebih efektif dan efisien, serta backup dan restore database website dengan mudah.
  2. Cara Kerja FTP
    Cara kerjanya memakai autentikasi yang sesuai standar, untuk mengakses data-data pada FTP server dengan menggunakan username dan password. Bertujuan supaya user yang terdaftar akun memiliki hak akses untuk membuka direktori dan file pada website. FTP Pada client akan melakukan pengiriman pesan untuk meminta layanan pertukaran data pada FTP server. Setelah keduanya saling terkoneksi maka user dapat melakukan download, upload, dan lainnya sesuai hak akses yang diperbolehkan FTP server.

PENUTUP

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya para Pembaca. Terutama, untuk Anda yang mencari referensi seputar jaringan komputer. Sehingga, dapat mengetahui kegunaannya dalam berselancar di dunia internet. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih.